MICRA melakukan penilaan dan rating terhadap LKM – dengan menggunakan perangkat rating – yang ditujukan bagi LKM, Donatur, Investor, dan Pemerintah. Rating ini meliputi evaluasi dan ferifikasi independen para ahli terkait dengan kinerja dari LKM, berdasarkan standar prosedur perekonomian mikro internasional dan norma-norma laporan yang berlaku pada bank komersil Indonesia.

Perangkat rating, perangkat penilaian dan laporan investasi dikembangkan oleh staff MICRA yang bekerjasama dengan IFC PENSA khususnya untuk pasar Indonesia dengan melalui pelatihan bersama IFC PENSA/Mercy Corps Commercial Linkages Pilot Project. Perangkat yang dipergunakan berdasarkan standar nasional dan internasional, menyediakan informasi untuk industry perbankan nasional dan juga investor asing.

Perangkat rating tersebut sesuai dengan tujuan dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan kebutuhan klien lain. Perangkat rating PRIME memberikan penilaian yang komperhensif, yang dipergunakan oleh dua orang analyst dalam kurun waktu dua atau tiga hari penelitian, dengan membutuhkan dua atau tiga hari untuk persiapan dan penyusunan laporan atau hasil akhir, hal ini dipengaruhi oleh besarnya industry LKM tersebut. Walaupun demikian, adapun hal lain yang MICRA lakukan terkait dengan rating mencakup :

  • Penilaian penuh (tidak mencakup audit keuangan dan portfolio perusahaan)
  • Refiew LKM (mencakup laporan keuangan dan rencana bisnis, dan lainnya)
  • Bantuan teknis dalam penilaian kebutuhan
  • perekomendasian pendanaan periklanan
  • (benchmarking)
  • Riset yag terkait dengan hasil rating
  • Peratingan social

Hasil rating dapat berupa laporan bagi Investor, dimana menyediakan laporan operasional dari sebuah LKM secara detail dan staistik. MICRA juga melaksanakan penilaian LKM secara singkat yang tidak mencakupi laporan keuangan LKM tersebut, namun tetap memberikan gambaran secara komperhensif dari operasional dan kinerja institusi, dan terkadang memberikan panduan teknis dan menjalin hubungan kemitraan baru.

Semenjak September 2005 hinga saat ini, MICRA telah melaksanakan lebih dari  400 rating yang mencakupi daerah Jakarta, Jawa Barat, Banda Aceh, Jawa Tengah, Lampung, Maluku, Sumatra Utara, NTT, Sulawasi Selatan, dan Bali yang ditujukan kepada Donor, Investor, Bank komersil, Pemerintah, NGO serta LKM. Proses rating telah dilakukan secara legal dengan berdasarkan peraturan dari institusi perekonomian mikro, termasuk BPR dan Syariah BPR, yayasan, koperasi, lembaga perkreditan, BMT, Baitul Qiradh dan LKM dalam bentuk lainnya. Hasil rating memfasilitasi para investor, pemberi bantuan dana, pemberian bantuan teknis, dan pengembangan strategi kerjasama kemitraan dan kebijakan perekonomian mikro.